Labels

Kamis, 30 Agustus 2012

Belajar Mandiri Dari Tumbuhan

Belajar Mandiri dari Tumbuhan

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang bisa berdiri sendiri. Ia bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Tumbuhan adalah makhluk yang sangat mandiri. Ia bisa tumbuh dengan sendirinya. Tanpa digendong oleh ibunya. Tanpa harus didulang oleh ayahnya. Tanpa harus belajar dari gurunya. Dan tanpa-tanpa yang lainnya.

Ia bisa mendapatkan makanannya sendiri melalui akar-akarnya yang menembus tanah dan batuan. Tak peduli seberapa jauh ia mendapatkan makanannya, ia terus merambat sejauh apapun itu agar ia bisa tetap hidup, meski harus menembus batu keras sekalipun.

Tumbuhan kecil masih terus berjuang. Ia mencari cahaya agar ia bisa memasak makanannya. Ia mencoba mencakar-cakar tanah agar mendapatkan bahan makanan. Ia tidak takut pada manusia yang mungkin akan menginjaknya. Ia juga tak takut pada kambing yang mungkin akan memakannya. Ia terus berjuang hingga akar-akarnya benar-benar menggenggam erat tanah dan ia pun mampu berdiri tegap.

Ia lalu tumbuh. Ia terus mencari dan memasak makanan. Sekarang ia menjadi lebih besar. Ia tidak takut pada angin yang mungkin akan merobohkannya. Ia juga tak takut pada panasnya mentari disiang hari. Ia juga tak takut dinginnya malam, meski semua manusia sudah pulang kerumah, semua hewan balik kekandang, dan semua burung terbang ke sarang. Ia pun tak takut dengan gigi geraji yang siap memotong tubuhnya. Ia terus berjuang hingga ia membuat sesuatu yang mampu memberinya julukan sebagai tumbuhan yang sempurna, buah.

Ketika buah mampu ia lahirkan, ia tak berhenti berkarya. Ia mencoba menguatkan bumi dengan cengkeraman akarnya. Ia menyedot semua air bah ketika bumi sudah tak mau lagi menampungnya. Ia melindungi semua makhluk yang berada dibawah daunnya yang lebat dari panas dan hujan. Tak hanya melindungi, ia juga memperbolehkan manusia dan hewan memakan buahnya-mahakarya yang selalu dia buat setiap saat. Mahakarya yang membuatnya bangga disebut sebagai tumbuhan.

Sumber: Google.com

0 komentar

Posting Komentar