Header Ads Widget

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Calon Guru Penggerak Modul 1. 2

 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Calon Guru Penggerak Modul 1.2



Saya Murtini Calon Guru Penggerak dari SMAN 1 Karangnongko Klaten akan menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 tentang nilai- nilai dan peran guru penggerak.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan adalah sebuah tulisan  tentang refleksi diri setelah mengikuti kegiatan pelatihan guru penggerak yang ditulis secara rutin setiap dua minggu. Jurnal Dwi Mingguan merupakan salah satu tugas yang harus di buat oleh calon guru penggerak.

Kegiatan pembelajaran modul 1.2 telah saya ikuti, ada banyak pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan. Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu 4F:

1. Fact (Peristiwa)

2. Felling (Perasaan)

3. Findings (Pembelajaran)

4. Future (Penerapan)

yang diperkasai oleh Dr. Roger Greenaway

☝ A. Fact (Peristiwa)

Sesuai jadwal yang ada saya mulai mempelajari modul 1.2 yaitu  tentang nilai dan peran guru penggerak. pada materi ini terbagi atas 3 materi yaitu:

👍Tentang konsep manusia tergerak

👍Tentang konsep manusia bergerak

👍Tentang konsep menggerakan manusia

Kemudian saya mengexplore LMS yang di mulai dengan melakukan refeksi di alur mulai dari diri lalu mempelajari  modul dan berdiskusi secara tertulis di alur eksporasi konsep.

Setelah mempelajari materi dan berdiskusi di alur ekplorasi konsep, saya dan teman melanjutkan diskusi di ruang kolaborasi 1.2 pada tanggal 11 November 2022. pada pertemuan kali ini di bagi menjadi 3 kelompok, dan saya mendapat kelompok 2 dengan anggota saya murtini, Pak Fattah, bu heni, bu wahyu, bu Riana. di dalam kelompok ini  kita membuat karya yang berisi gambaran singkat tentang nilai dan peran guru penggerak lalu merancang  satu kegiatan yang sesuai dengan 1 peran CGP yang kelompok kami pilih adalah INOVATIF, dan pada diskusi ini kelompok 2 memilih peran sebagai pemimpin pembelajaran.

Lalu pada tanggal 14 November 2022 kita presentasi secara virtual yang hasil nya bisa di lihat di channel Murtini Klaten atau TIK TOK Wong Jowo dengan Link Klik DI SINI atau TIK TOK Klik DI SINI

Kegiatan modul 1.2 ini diakhiri dengan kegiatan diskusi virtual di ruang elaborasi pemahaman bersama Intruktur Nasional yaitu ibu Novi Andari Y. Pemaparan yang di sampaikan sangat jelas sehingga saya lebih memahami tentang modul 1.2 ini.

Untuk Demontrasi Kontektual bisa di lihat di channel Murtini Klaten atau Tik Tok Wong Jowo dengan KLIK DI SINI atau TIK TOK KLIK DI SINI

☝ B. Felling (Perasaan) 

Setelah mempelajari modul 1,2  tentang nilai dan peran guru penggerak ini, saya merasakan tumbuh kesadaran  dari dalam diri, dimana hati saya mulai tergerak dan merasa senang bersemangat untuk melakukan perubahan pada diri saya sendiri terlebih dahulu. saya ingin memperbaiki hal-hal yang kurang baik selama ini, lalu berusaha menumbuhkan nilai dan peran guru penggerak. setelah saya tergerak, selanjutnya saya akan menggerakkan rekan guru di sekolah sehingga bisa bergerak bersama mewujudkan murid yang berkarakter profil pelajar pancasila untuk Indonesia lebih maju.

☝ C. Findings (Pembelajaran)

Banyak ilmu yang saya peroleh selama 2 minggu yaitu :

1. Mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia yaitu Thinking  fast dan Thinking slow

2. Lima kebutuhan dasar manusia yaitu kasih sayang dan rasa diterima,  kekuasaan, kesenangan, kebebasan dan bertahan hidup.

3. Tahap perkembangan  manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan kita tahu psikososial di setiap tahap perkembangan manusia, kita tahu apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan murid di setiap perkembangan nya.

4. Nilai dan peran guru penggerak. ada 5 nilai dan 5 peran yang harus di miliki guru penggerak 

☝ D. Future (Penerapan)

Seteah mempelajari modul 1.2 ini, saya akan menerapkan :

1. Untuk mengembangkan diri, maka saya akan mengikuti  seminar atau diklat yang akan menambah wawasan dan kompetensi.

2. Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan diskusi menggunakan media pembelaran yang menarik

3. Berkolaborasi dengan guru atau teman sejawat dalam rangka merencanakan pembelajaran yang menyenangkan.

4. Berkreasi dan berinovasi dalam pembuatan media pembelajaran, selama ini saya sudah membuat media pembelajaran berbasis android dan video VR (Virtual reality).


Terima Kasih

Salam Guru Penggerak

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan. 


Jurnal Refelksi Dwi Mingguan Bisa Di Klik DI SINI atau KLIK DI SINI


 

 

 

 

 

 

  

Post a Comment

0 Comments